Pengenalan Teknologi Microsoft Azure


Halo.. rekan-rekan semua, pernah dengar tentang Microsoft Azure??
Kita akan mencoba membahas Microsoft Azure yang berhubungan dengan lingkungan IT yang akan dibahas dalam beberapa artikel.  Nah bagi kamu yang belum pernah dengar, tulisan ini khusus buat kalian semua, dan wajib disimak yah.. hehe

Let’s get start.. dari diskusi tentang definisi Microsoft Azure itu sendiri. Seperti namanya Microsoft Azure, pastinya kita tau bahwa produk ini merupakan besutan Microsoft. Lalu apa itu sebenarnya Microsoft Azure? Microsoft Azure merupakan Cloud Service yang dimiliki oleh pihak Microsoft yang dapat membantu Industri/ developer dalam mengembangkan bisnisnya.  Sebuah Teknologi Cloud Computing dari Microsoft Azure ini mengkombinasikan 2 jenis layanan, yaitu “Insfrastructure as a Services (IaaS)” dan “Platform as a Service(Pass)”. Dengan menggunakan Microsoft Azure, nantinya kita dapat melakukan apapun dan menyimpan data secara aman dicloud. Dengan cara ini, kita bisa dengan mudah mengakses data kita dimanapun dan kapanpun.






Overview
Micro soft Azure merupakan tempat menyimpanan yang berfungsi sama dengan media penyimpanan fisik lainnya, yang membedakan adalah Microsoft Azure ini berada pada penyimpanan cloud, yang artinya data kita tidak tersimpan pada media penyimpanan seperti Harddisk atau SSD Laptop. Ada beberapa perusahaan IT raksana yang menyediakan platform colud yaitu Amazon, IBM dan Google. Namun, yang membedakan Microsoft Azure dengan vendor penyedia layanan berbasis cloud computing lainya yaitu terletak pada adanya beberapa feature yang bisa kita dapatkan seperti menjalankan berbagai aplikasi dari berbagai platform pada tempat penyimpanan ini. Beberapa feature aplikasi yang bisa kita jalankan  diantaranya seperti bahasa pemrograman .NET, JAVA dan juga PHP. Microsoft Azure berguna juga untuk mengembangkan, mengelola dan hosting aplikasi off-site. Tentunya Hal tersebut menjadi keuntungan lebih bagi  pengguna Microsoft Azure.

Microsoft Azure dibuat dengan dasar ingin memberikan sebuah kemudahan layanan bagi para developer untuk membuat, men-deploy dan mendistribusikan penggunaan web service secara tepat dan cepat, yang mana tempat penyimpanan berbasis cloud ini berjalan pada sebuah framework yang didesain secara khusus bernama “Azure Service Platform”.


Kelebihan lain yang dimiliki Microsoft Azure yaitu masalah computing utility, Microsoft Azure memiliki kemampuan untuk bisa melayani user yang menggunakannya selama 24 jam non-stop setiap hari. Dan tak kalah penting, Microsoft Azure ini sangat user- friendly/mudah digunakan, dan yang pasti kita bisa mengontrol drive ini secara remote/jarak jauh.

Microsoft mengimplementasikan Platform as a Service(PaaS) dan Infrastructure as a Service(IaaS). Sesuai dengan definisi layanan Cloud Computing dari NIST ,
            IasS merupakan kemampuan penyedia resource untuk procesing, media penyimpanan, jaringan serta resource komputer fundamental lainya dimana user bisa membuat dan menjalankan software sesuai dengan kebutuhan dan sepenuhnya berada pada kendali user.
            PaaS merupakan kemampuan penyedia tools untuk user membuat dan membangun aplikasi diatas infrastruktur cloud. Jadi, kita tidak direpotkan dengan biaya pembelian dan pengolahan perangkat keras (hardware) dan kita juga tidak perlu mengunduh dan menginstal perangkat lunak (software). Pada jenis layanan ini, Sistem operasi dikekola oleh penyedia layanan cloud.

Microsoft mengkategorikan layanan Azure menjadi 11 jenis produk utama:
 1. Compute - layanan ini menyediakan mesin virtual, kontainer, batch processing dan akses aplikasi remote.
2. Web dan mobile - layanan ini mendukung pengembangan dan penyebaran web dan aplikasi mobile, dan juga menawarkan fitur untuk manajemen API, pemberitahuan dan pelaporan.
3. Data Storage (Penyimpanan Data) - kategori ini termasuk database sebagai persembahan Layanan untuk SQL dan NoSQL, serta tidak terstruktur dan cache penyimpanan awan.
4. Analytics - layanan ini menyediakan analisis didistribusikan dan penyimpanan, serta analisis real-time, analisis data besar, data lakes, machine learning dan data werehouse.
5. Network (Jaringan ) - Layanan  ini termasuk jaringan virtual, koneksi berdedikasi dan gateway, serta layanan untuk manajemen lalu lintas, load balancing dan sistem nama domain (DNS) hosting.
6. Media dan jaringan pengiriman konten (CDN) - layanan ini meliputi on-demand streaming, encoding dan playback media dan pengindeksan.
7.  Integrasi hibrida - ini adalah layanan untuk server backup, recovery situs dan menghubungkan cloud swasta dan publik.
8. Identitas dan akses manajemen (IAM) - persembahan ini memastikan hanya pengguna yang berwenang dapat menggunakan layanan Azure, dan membantu melindungi kunci enkripsi dan informasi rahasia lainnya.
9. Internet of Things (IOT) - layanan ini membantu pengguna menangkap, memonitor dan menganalisa data IOT dari sensor dan perangkat lainnya.
10. Development - layanan ini membantu pengembang aplikasi code share, aplikasi pengujian dan melacak potensi masalah. Azure mendukung berbagai bahasa pemrograman aplikasi, termasuk JavaScript, Python, NET dan Node.js.
11. Manajemen dan keamanan - produk ini membantu administrator cloud mengelola Azure penyebaran mereka, jadwal dan menjalankan pekerjaan, dan menciptakan otomatisasi. Layanan ini juga mencakup kemampuan untuk mengidentifikasi dan merespon cloud dari ancaman keamanan. 

Kelebihan Menggunakan Microsoft Azure
Tentunya banyak sekali keunggulan yang akan kita dapatkan ketika menggunakan Microsoft Azure. Berikut adalah beberapa alasan yang patut dipertimbangan dalam memilih Microsoft Azure sebagai platform Cloud Service:
1. Penggunaan yang tebuka dan fleksibel Platform Cloud Service
Azure mendukung pemilihan sistem operasi, bahasa pemrograman, framework, tool, databases dan device yang cukup luas. Seperti menjalankan linux dengan Docker integration, membangun aplikasi menggunakan beragam bahasa Java, Pyhton, Javasricpt, .NET, PHP, Node.js , membangun back-and untuk iOS, Android dan Windows device. Azure
2. Pembayaran berdasarkan kebutuhan, hanya membayar apa yang kita gunakan
3. Mempermudah dalam sharing file
4. Membantu melindungi data dan aplikasi yang sensitif
5.  Develop dan test aplication lebih cepat.

Untuk detail cara menggunakan Microsoft Azure, akan saya bahas pada artikel berikutnya, untuk itu stau tune untuk artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat :)