Ya.. bagi kalian yang udah lulus kuliah pasti pada berkeinginan bisa bekerja, punya penghasilan sendiri buat bantu orang tua, atau biaya adek sekolah, ataupun buat cari pengalaman. tapi ya.. namanya ngelamar kerja dijaman sekarang ga mudah broo.. sangaian banyak serius dah. kecuali emang lu expert bangets dibidang lu, ato lu punya orang dalem? ehh.. tapi bener deh klo lu orang yang skill standar mending dari sekarang asah deh kemampuan apa yang bisa lu jual sama orang.

Gue mau berbagi pengalaman pas ngelamar lu jadi jodoh gue  di PT. Pos Indonesia cabang tempat gue tinggal di Sungai Penuh. Gue suka nih kalo ada PT yang ngemanfaatin media sosial sebagai sarana merekrut pegawainya, gue dapet info lowongan kerja di official instagramnya kantorpos sungai penuh 37100. Kantorpos ini lagi bukaan terima tenaga kerja di bagian O-Ranger Loket. O-ranger pos ini merupakan salah satu tim atau mitra yang dibuat oleh Pos Indonesia untuk melakukan layanan penjemputan barang (pick up service) pada area yang telah ditentukan. Nah kalo O-Ranger Loket ini dibagian pelayanan pengirim dan barang, atau ngedata input barang.

Biasanya untuk calon pelamar kerja yang dibutuhkan musti sesuai dengan standar kriteria yang ditetapin Perusahaan. Kalo kalian freshgradute, penting sih buat siapin berkas kayak SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) dari polres, rata-rata berkas ini pasti jadi syarat buat ngelamar kerja. 

Seleksi Administrasi

Nah iya, tahapan pertama gue ngirim berkas yang dijadiin syarat buat ngelamar posisi O-ranger Loket. Sebelum kirim berkas, dibaca dulu deh semua persyaratannnya, kira-kira lu masuk kriteria yang mereka cari ato enggak, kalo masuk ya lu persiapin deh semua berkasnya, kalo enggak mending ga usah ikutan lah, ngecapekin doang. tapi ada nih biasanya yang begini coba-coba kali beruntung gitu pikirnya, saran gue mending cari kerja yang sesuai aja sama kemampuan, minat, dan bidang lu. soalnya pas skrining berkas lu bisa ga lolos tahapan. 

Berkas yang diminta fotocopy ktp, fotocopy akte kelahiran, fotocopy ijazah terakhir, fotocopy SKCK, Surat Keterangan Dokter, Surat Lamaran Kerja, Daftar Riwayat Hidup dan Pas Photo 4 x 6.
ini berkas minta dikirim via pos. Aneh ga kira-kira lu mau ngelamar kerja di kantor pos dan kirim lamaran di pos tempat lu mau ngelamar? hahaha gue mikir ada-ada aja nih, oia kena biaya kirim juga loh sekitar 25ribuan. asli gue ngakaka wkwkwk.. Gue gak tau berapa yang ikut ngelamar di POS, tapi 2 hari sejak penutupan lowongan kerja, pengumunan hasil seleksi berkas diterima sebayak 228 orang yang bakal ikut seleksi selanjutnya.

Seleksi Tes Tertulis

Setelah pengumunan yang lolos seleksi Administrasi atau kelengkapan berkas, masuk ketahapan tes tertulis. Tes tertulis ini ga jauh-jauh beda sama tes psikotes, yaa penting juga persiapan untuk mempelajari tes ini, biasanya ditahap ini calon pelamar pada banyak yang guguran. nah kemaren gue disodorin sama beragam macam soal, matematika, pengetahuan umum, bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan pengetahuan tentang perusahaan yang dilamar (pengetahuan tentang Pos Indonesia).
Soal ada 100 butir dan dikerjaan dalam waktu 2 jam, kalo kurang dari itu ga masalah sih hoho

Seleksi Tes Wawancara

Alhasil pengumuman hasil tes tertulis sebanyak 20 orang yang lolos untuk masuk tahap wawancara. Pas ditahap ini penting bangets buat tau semua informasi mengenai posisi dan profil perusahaan yang lagi dilamar. lu musti riset dulu semua informasi yang bisa lu dapat di website. Hal ini bisa jadi gambaran buat si penanya kalo lu emang bener-bener serius mau kerja ditempat yang lagi lu lamar.
gue sempet latihan ngomong juga, cara perkenalan diri yang baik dan bener xD , kalo lu dah terbiasa ngomong di depan orang banyak, abaikan latihan ini wkwkwk..
pertanyaan yang diajuin sama si Penanya (gue ga bener tau klo dia ini HRD nya apa bukan.. lol)

x: "Coba Perkenalkan diri kamu?"
a: Kenalin mulai dari nama, penggilan, umur, tempat tinggal/ domisili. Ceritain background pendidikan lu. kalo ada pengalaman kerja juga boleh di ceritakan, pengalaman organisasi atau kepanitian juga bisa. Nah boleh ni ceritain aja langsung kelebihan dan kekurangan lu apa. ga perlu sampe ditanya sama si x "kekurangan dan kelebihan kamu apa?". juga hobi profesional jangan lupa diceritain. Hobi misal lu suka main basket di sela-sela waktu luang. 

banyak sih yang ditanya, gue sampe gugup grogi waktu itu. yang interview gue ada 3 orang. gue ditanya tentang kuliah jurusan gue, tentang posisi yang dilamar, pengetahuan tentang perusahaan, juga diminta praktekin gimana cara melayani pelanggan yang ingin menggunakan jasa pos, dan masalah gaji ditanya "lu mau ga digaji dibawah umr?" atau "ekspektasi lu terima gaji disini berapa?". klo masalah gaji mending lu bilang ngikut standar perusahaan aja, jangan bilang dalam bentuk angka.

ya sekian cerita gue,, intinya emang semua perlu disiapin mateng-mateng biar bisa diketerima kerja dan jangan lupa berdoa gaees,, sekian cerita guee..