Mekanisme Kerja Perpustakaan




NAMA :  RENO ADI PRAYOGA       09021181419003
      RACHMA AYUDYAWATI       09021181419009
      ANNISA NURIKA       09021181419127
  HAFIZ DARMAWAN  09021281419055
KELAS :  IF5A

MATA KULIAH :  ANALISIS DAN PERANCANGAN PERANGKAT
   LUNAK BERORIENTASI OBJEK
DOSEN :  DRS. MEGAH MULYA, M.T.



TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
2016/2017



Narasi Mekanisme Kerja Perpustakaan
Pengunjung yang baru masuk ke suatu perpustakaan dan ingin meminjam buku diharuskan untuk memiliki kartu anggota perpustakaan. Pertama, mereka akan mendatangi pustakawan dan mengisi form pendaftaran untuk menjadi anggota perpustakaan. Pustakawan akan memeriksa kelengkapan form pendaftaran dan memyimpan form pendaftaran dalam aplikasi. Pustakawan akan mencetak kartu anggota dengan menggunakan aplikasi, lalu pustakawan akan memberikan stempel kartu anggota dan menyerahkan kartu anggota kepada pengunjung yang kini sudah menjadi anggota perpustakaan.

Anggota perpustakaan dapat mencari buku yang ingin dipinjamnya, setelah menemukan buku yang ingin dicari, anggota perpustakaan menyerahkan buku yang dipinjam dan kartu anggota perpustakaan untuk didata oleh pustakawan. Pustakwan menyimpan data peminjaman dalam aplikasi, kemudian ia menulis tanggal peminjaman dan batas waktu pengembalian di kartu buku dan menyimpan kartu anggota. Setelah itu pustakawan memberikan buku pinjaman kepada anggota perpustakaan. Dan anggota perpustakaan mendapatkan buku pinjamanya.

Dalam aktivitas pengembalian buku, anggota pepustakaan harus memberikan buku yang dipinjamnya kepada pustakawan. Pustakawan akan mengecek apakah pengembalian buku melewati masa tenggang peminjaman. Jika melewati masa tenggang, maka anggota perpustakaan harus membayar denda terlebih dahulu. Jika tidak, atau sudah membayar denda maka pustakawan menginput data pengembalian buku dan menyimpan data tersebut dalam aplikasi. Setelah itu pustakawan akan menulis tanggal pengembalian di kartu buku dan menyerahkan kartu anggota perpustakaan kepada anggota perpustakaan. Dan anggota perpustakaan mendapatkan kembali kartu anggota perpustakaannya.