1. Apa itu definisi software?
Adalah instruksi (program komputer) yang ketika dijalankan menyediakan fungsi dan tampilan yang diinginkan, struktur data yang memberi kesempatan program untuk memanipulasi informasi dan dokumen yang mendiskripsikan operasi dan penggunaan program.

2. Mengapa software harus direkayasa?
Karena adanya kebutuhan yang diperlukan untuk menghasilkan software yang ekonomis, handal serta bekerja secara effisien.

3. Jelaskan Model Proses software secara umum?
Model Proses software ada representasi  abstraks dari  proses perangkat lunak. Model proses perangkat lunak yang umum atau paradigm umum antara lain : Waterfall model, Evolusioner, Model iterasi, Model Prototype.

4. Cari contoh software bidang :
a. Musik
b. Potal web
c. Chating messenger

Kemudian jelaskan deskripsi, pengguna dan platform dari software tersebut?

a. Winamp
Merupakan software pemutar media buatan nullsoft. Winamp merupakan perangkat lunak freeware atau shareware yang dapat memainkan berbagi codec dan tipe audio dan juga dapat dikostumisasi. Winamp merupakan software berplatform desktop dan dapat digunakan oleh berbagai kalangan remaja dan dewasa.

b. Kaskus.com
Kaskus adalah situs forum komunitas maya terbesar  di Indonesia dan penggunanya disebut dengan kaskuser. Nama “kaskus” sendiri merupakan singkatan dari kasak-kusuk. Kaskus dibuat oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronal Stephanus dan Budi Dharmawan.  Kaskus memiliki fitur yaitu Sistem pembayaran secara online (Kaspay), e-Pulsa layanan pengisian pulsa, Kaksuk Ads layanan beriklan dikaskus, kaskus radio, kaskus mobile. Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa yang berdomisili di Indonesia maupun diluar Indonesia. Kaksus sendiri merupakan portal berbasis website.

c. WhatsApp
WhatsApp adalah aplikasi pesan instan untuk smartphone dikembang oleh WhatsApp Inc menggunakan bahasa pemrograman Erlang. WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain.  Aplikasi WhatsApp Messenger menggunakan koneksi 3G atau WiFi untuk komunikasi data. Dengan menggunakan WhatsApp, kita dapat melakukan obrolan online, berbagi file, bertukar foto dan lain-lain. WhatApp ditujukan untuk pengguna Smartphone dan pengguna umumnya berasal dari kalangan remaja hingga dewasa. WhatApps sendiri merupakan platform berbasis mobile.

5. Sebut dan jelaskan Tahapan-tahapan SDLC (System development life cyle)?
a.   Perencanaan
Fase perencanaan adalah sebuah proses dasar untuk memahami mengapa sebuah sistem harus dibangun.
b.   Analisa
Fase analisa adalah sebuah proses investigasi terhadap sistem yang sedang berjalan dengan tujuan untuk mendapatkan jawaban mengenai pengguna sistem, cara kerja sistem dan waktu penggunaan sistem. Dari proses analisa ini akan didapatkan cara untuk membangun sistem baru.
c.   Desain
Fase perancangan merupakan proses penentuan cara kerja sistem dalam hal architechture design, interface design, database dan spesifikasi file, dan program design. Hasil dari proses perancangan ini akan didapatkan spesifikasi system.
d.   Implementasi
Fase implementasi adalah proses pembangunan dan pengujian sistem, instalasi sistem, dan rencana dukungan sistem.
e.  Pengelolaan System
Menjaga system tetap mampu beroperasi secara benar melalui kemampuan system dalam megadaptasikan diri sesuai kebutuhan.


6. Apa saya kriteria software yang berkualitas?
a. Software harus memberikan fungsionalitas pada maintenance, depentibility, acceptability, efisiensi
b. Maintenance : software harus meningkat sesuai kebutuhan
c. Depentibility : software harus dipercaya
d. Acceptability : software harus diterima sesuai rancangan
e. Efisiensi : software tidak boros sumber daya

7. Sebutkan dan jelaskan 3 model proses?
a.      Waterfall Model
Model ini melakukan pendekatan secara sistematis dan urut mulai dari level kebutuhan sistem lalu menuju ke tahap analisis, desain, coding, testing / verification, dan maintenance.
b.      Prototype
Prototyping adalah salah satu pendekatan dalam rekayasa perangkat lunak yang secara langsung mendemonstrasikan bagaimana sebuah perangkat lunak atau komponen-komponen perangkat lunak akan bekerja dalam lingkungannya sebelum tahapan konstruksi aktual dilakukan (Howard, 1997).
c. Incremental Model

Merupakan gabungan antara model Waterfall dan Prototyping.