Sebagian besar warga negara Indonesia mengidamkan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai wujud pengabdian kepada negara. Selain itu, berbagai fasilitas yang didapatkan seperti tunjangan, kesehatan, pensiun dan sebagainya, serta standar gaji yang cukup tentunya menjadi daya tarik tersendiri. Tahun 2019, Pemerintah akan kembali membuka penerimaan CPNS, dan semua tahapan pendaftaran dilakukan secara online melalui situs resmi https://sscn.bkn.go.id/.

Tidak mengherankan apabila masa-masa penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dibuka secara resmi maka berbondong-bondong orang ingin mendaftar, berusaha lolos/ terdaftar sebagai peserta tes seleksi CPNS agar berhak mengikuti tahapan tes dan berharap dirinya lolos di seluruh tahapan tes. Namun, karena formasi CPNS yang ditawarkan terbatas maka faktanya banyak peserta yang gagal dalam persaingan ketat tes seleksi CPNS, baik ditingkat tes dasar maupun tes lanjutan.

Untuk dapat menjadi CPNS ada beberapa tahapan yang harus dilalui, yaitu melalui Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Pada Tes SKD, terdapat nilai ambang batas yang harus dipenuhi untuk dapat lolos passing grade, dan untuk menjadi acuan passing grade tahun 2019,  nilai tersebut dapat dilihat pada tabel berikut.


Minimal ada dua faktor penting yang memengaruhi kesuksesaan peserta tes dalam mengejakan soal-soal tes seleksi CPNS, yaitu berlatih mengerjakan soal sebanyak mungkin dan menguasai tips-trik dalam menjawab soal. Penguasaan dua faktor tersebut sangat membantu peserta dalam mengerjakan soal-soal yang diujikan dengan cepat, tepat dan efektif.

Untuk mendapatkan nilai yang maksimal, disini saya akan memberikan E-book berupa kumpulan soal serta pembahasan tes CPNS. berikut link yang dapat anda unduh










Semoga E-book ini bermanfaat.. selamat berjuang para calon ASN ^^