Sebelumnya saya telah menjelaskan bagaimana cara membuat WebApp pada Azure, Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mendeploy/upload file Web App ke kedalam direktrori Microsoft Azure menggunakan akses  FTP.

Sebelum mendeploy Web App kalian di Azure, Pastikan kalian sudah membuat Web App di Azure terlebih dahulu.   

1. Buka https://portal.azure.com
2.  Klik web app yang telah dibuat. Disini saya telah membuat web app alamkerinci.



3. Sebelum mengupload file website, kita perlu mensetting credential untuk FTP nya.
4. Pada setting,  cari submenu PUBLISHING dan pilih “deployment credential”.



5.  Lalu pada set deployment credential. Isilahlah username, password terserah kalian :D . Klik save,        tunggu sebentar.



6. Kalian akan mendapat notifikasi successfuly reset deployment credential yang  berarti set credenitialnya berhasil.


7. Kemudian yang akan kita lakukan sekarang adalah kita akan buka FTP hostnamenya. Kita akan membuka melalui  Internet Explorer. Klik copy pada link FTP hostname. Lalu pastekan link tersebut pada tab baru. Mengapa Internet explorer? supaya lebih mudah untuk mengupload file web app kita ke azure. Cara lain dapat menggunakan software fizillla.


8. Akan muncul tampilan seperti ini yang meminta kita memasukan credential akses yang telah dibuat. Isikan username dan password. Untuk username kita bisa mengcopy di FTP




9. Setelah berhasil masuk FTP explorer, kita akan melihat tampilan seperti ini. Ada Logfile dan Site. Kita perlu masuk ke direktori site. 




10.   Klik site, lalu wwwroot. Disinilah tempat file yang akan kita upload dari website yang  akan kita buat. Secara default direktori wwwroot  akan berisi file hostingstart.html yang mana ini adalah tampilan awal website yang kalian lihat pertama kali saat membuka url link webApp yang telah dibuat.


11.  Tekan “alt”, pilih “view” lalu klik “open FTP site in File Explorer.



12. Isikan kembali username dan password .



13.  Buka direktori site, klik wwwroot. Hapus file hostingstart.html, kita akan ganti dengan project web yang kita buat.  Kita akan upload .  Copykan project/ file website yang kalian buat dan paste disini. Lalu tunggu hingga proses copy file selesai.




14. Jika sudah selesai, Kalian dapat merefresh kembali  link FTP hostname diInternet Explorer, maka akan terlihat file-file yang sudah kita upload ke direktrori wwwroot.



15.  Buka link alamat web azure yang telah dibuat. Lalu refresh kembali.



16.  Maka tampilan website kita akan berubah seperti project yang kalian upload.




Demikianlah cara  mendeploy / upload file Web App ke kedalam direktrori Microsoft Azure menggunakan akses  FTP. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba yah... :)