Halooo kawan-kawan.. apa kabar nih?? Semoga dalam keadaan sehat wal'afiat yah.. saya ingin berbagi ilmu dengan kalian nah, hehe.. disimak okeeh! :D

Seperti yang telah kita ketahui bahwa ada tiga cara untuk mendeploy website apps yang telah kita buat ke web service mincrosoft azure, yaitu dengan FTP, Visual Studio dan GIT. Pada artikel sebelumnya kita telah mencoba untuk mengupload file website kita ke web service Azure menggunakan FTP. Pada artikel kali ini kita saya akan menjelaskan bagaimana cara mengupload file Web Apps menggunakan Visual Studio Comunity. okee langsung sajaa..


1. Buka https://portal.azure.com, Lalu klik Get Publish, 


2. Kemudian File Publish setting akan terdonwload. Dengan File Package inilah yang akan kita gunakan untuk mengimport setting profile publish website kita ke Microsoft Azure.


3.  Setelah kita membuat Web Apps di Visual Studio, Kemudian masuk ke Solutionnya. Klik kanan, lalu klik Publish Web App.


4.  Maka akan muncul tampilan seperti ini. Pada bagian Profile,  secara manual kita bisa memasukkan detail profile sendiri seperti conection, credential access dan sebagainya diprofile publish web ini. Namun ketika kita menggunakan Microsoft Azure, kita bisa buat suatu package credential lalu import disini. Nanti package credential tersebut secara otomatis akan mengkonfigurasi variable credential data apa saja yang diperlukan untuk menguploading website kita ke Web Service Microsoft Azure.


 5. Klik Import


6.  Klik Browse..., Kemudian pilih file publish setting yanng sudah kita download tadi,  Klik OK.


7. Kemudian akan muncul tampil “Connection” seperti berikut.  Secara default file tersebut sudah langsung mengkonfigurasi apa saja data yang diperlukan untuk uploding web kita ke Azure. Klik Next.


9. Akan muncul tampilan seperti berikut. Lalu klik Next.


10.   Akan muncul tampilan seperti ini, Lalu klik Publish.


11.  Maka file Web yang telah kita buat akan terupload.  Kemudian tunggu sampai proses publish selesai.


12. Setelah selesai upload file project kita, maka akan muncul “Publish Succeded” seperti ini


13. Kita juga langsung bisa mengecek dan memastikan file-file yang telah terupload tadi di FTP .


14. Sekarang kita buka websitenya. Dan  Taraa.. Tampilan Website kita sudah berubah sesuai dengan yang kita inginkan.  Gampangkan?? Hehe... 


Demikianlah cara mengupload/mendeploy file Web Apps menggunakan Visual Studio Comunity ke Web Service Microsoft Azure . Semoga bermanfaat dan selamat mencoba yahh.. :)