Flutter sangat menarik, namun bagaimana sebaiknya saya memulai mempelajarinya?





Google telah meliris teknologi terbarunya yaitu Flutter App akhir tahun 2018 lalu. Flutter adalah Mobile UI Framework yang dibuat oleh Google untuk dapat membangun aplikasi native iOS dan Android UI lebih mudah dan cepat dengan sekali koding. Flutter framework yang disediakan free dan open source untuk para developer dan organisasi didunia.

Namun bagaimana saya memulai untuk mempejari membuat aplikasi tersebut? situs ini yang dapat membantu anda mendapatkan informasi terkait flutter apps.

 1. FragmentedCast

Yang Ini Penting untuk diketahui, Sebelum anda memulai membuat aplikali Flutter. Anda harus menyimak video ini terlebih dahulu untuk mendapatkan gambaran dan membantu anda memahami bagaimana Flutter hadir dan kemampuan apa saja yang dapat dilakukannya.




2. Flutter Docs

Membaca dokumen resmi sangat bagus untuk memperdalam pengetahuan. Biasanya meliputi contoh yang dapat dipahami untuk kasus yang sederhana. Hal baiknya, pada dokumetasi resmi Flutter juga mencakup dokumentasi untuk Android, iOS, React Native dan Pengembangan web, jadi anda dapat dengan mudah menghubungkan flutter dengan pengetahuan dalam mengembangkan aplikasi yang anda miliki saat ini.





3. Google CodeLabs

Tutorial step by step untuk membangun aplikasi Flutter yang mengagumkan? Siapa yang tidak mengingikannya? Bagi anda pemula, jangan lewatkan bagian ini.


4. Awesome-flutter: Github Repository 


Panduan utama untuk pengetahuan mengenai Flutter. Anda dapat memanfaatkan bagian lain setelah anda memulai perjalanan dengan Flutter.

5. Udacity Course


Kursus online gratis dari tim Flutter di Google. Anda dapat mengikuti kursus ini sekitar 1 atau 2 minggu atau 2 hari jika anda benar-benar bersemangat dengan Flutter. Anda akan mendapatkan pemahaman yang jauh lebih baik tentang cara kerja Flutter dan best practices untuk mengkode aplikasi Flutter.
Bahkan jika anda tidak memiliki pengetahuan tentang bahasa Dart, anda bisa melanjutkan kursus ini karena sangat mudah untuk mengikutinya, terutama jika Anda sudah memiliki pengalaman dengan Java atau javasripts.

6. Flutter Weekly

Flutter Weekly adalah siaran berita yang akan memberikan Postingan terbaru mengenai Flutter, blogs, tutorial dan sebagainya langsung masuk ke inbox anda setiap minggunya. Jadi anda tidak perlu berkeliling mencari blog terbaik. Jadi cukup praktek langsung dan mempelajari Flutter dari sumber informasi terbaru yang diberikan setiap minggunya. Anda juga bisa mengirimkan tulisan anda disini.


7. @r_FlutterDev: Twitter

Bot twitter ini akan mentweet semua dari r/FlutterDer Flutter sub-reddit. Untuk mendapatkan pembaruan terbaru segera “Aktifkan fitur pemberitahuan” di twitter untuk akun ini.


8. MTechViral: Youtobe


Adalah saluran Youtobe yang menyediakan tutorial untuk mobile apps. Channel ini berisi daftar putar untuk tutorial Flutter. Tutorialnya sangat bagus dan selalu up to date. Ada grup facebook terkait bernama “Let’s Flutter” dan anda akan mendapatkan para Flutter antusias menjawab pertanyaan satu sama lain.

Jika anda memiliki ide untuk membangun aplikasi Flutter namun  mengalami stuck saat mengimplentasikan kode Flutter ada beberapa grup yang dapat menyediakan bantuan atau sharing,
1. Gitter Chat : Anda akan menemukan Flutter GDEs, Gogglers dan Flutter antusian untuk menjawab pertanyaan anda disini
2. Slack : Mindorks.
3. Twitter: Anda dapat menemukan Eugenio Marletti (Flutter GDE), Seth Ladd (Product Manager, Google) and Nilay Yener (Flutter Developer Relations team) 

Sekian info yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat